Monday, October 11, 2010

Menhut Ralat Penyebab Terjadinya Banjir Wasior

Menhut Ralat Penyebab Terjadinya Banjir Wasior
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan, penyebab banjir bandang yang terjadi di distrik Wasior, Papua Barat bukan disebabkan illegal logging, seperti yang sebelumnya ia sampaikan. Pernyataan ini juga sekaligus sebagai ralat dari apa yang pernah diucapkannya beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa penyebab banjir disebabkan pembalakan liar.

Menurunya musibah di Wasior tak lebih disebab oleh tingginya curah hujan. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan danau yang berada di wilayah atas kemudian meluap. Luapan tersebut yang membuat tanah di sekitar danau tidak mampu menyerap dan mengakibatkan longsor.

"Menurut kehutanan, pengaruh utamanya adalah curah hujan tinggi," ujarnya di Jakarta.

Zulkifli menjelaskan, musibah longsor yang terjadi juga akibat tata ruang yang tidak baik. Menurutnya, perluasan kota pada kawasan hutan produksi terbatas di wilayah tersebut.

"Karena kalau hutan dibuka sedikit, bisa mempercepat longsor dari atas," jelasnya.

Sebelumnya, pada Kamis 7 Oktober lalu, Zulkifli menyebut bahwa banjir bandang di Papua Barat disebabkan oleh pembalakan. Menhut saat itu mengatakan bahwa Itulah dampak dari illegal logging.

No comments:

Post a Comment