Monday, October 4, 2010

Desain Masjid di Ground Zero Mirip Markas Superman

http://www.tribunnews.com/foto/bank/images/ground-zero-green.jpgTRIBUNNEWS.COM- Walau masih muncul pro kontra oleh warga New York namun proses pembangunan masjid di Ground Zero bekas menara kembar World Trade Centre (WTC) jalan terus. Bahkan desain bangunan yang akan menjadi pusat komunitas Islam dan masjid di New York tersebut telah beredar.

Bangunan yang terletak dua blok dari monumen lokasi serangan 9 September berdesain futuristik, memiliki 16 lantai dan "dibungkus" seperti sarang lebah berbentuk abstrak.

Beberapa ahli menyebut, desain bangunan ini mirip markas Superman yang dalam komiknya disebut Fortress of Solitude. Sedangkan ahli lainnya menyebut bangunan ini berbentuk mirip simbol Yahudi Bintang David.

Perusahaan dibalik pembangunan pusat komunitas Islam sekaligus masjid menunjukkan bahwa heksagram juga digunakan dalam Islam, sebagai Seal of Solomon, serta dalam agama Kristen dan agama-agama lain.

Sharif El-Gamal, pengembang bangunan ini, mengatakan pihaknya memang ingin memiliki bangunan yang merupakan perkawinan antara arsitektur Islam dan New York City.

"Kami juga ingin melakukan sesuatu yang hijau dan sejuk," kata Gamal seperti dikutip hidayatullah, Senin (4/10/2010).

Desain yang telah beredar itu juga menunjukkan bangunan ini memiliki empat lantai sebagai pusat kebugaran, olahraga juga kolam renang. Selain pusat olahraga, ada juga tempat penitipan anak, restoran, sekolah kuliner, studio seni, ruang pameran dan auditorium.

Sedangkan masjid atau ruang shalat untuk Muslim akan berada di dua tingkat di basement. Selain masjid bangunan ini juga akan memiliki ruangan peringatan 9/11 di lantai 12 dan sebuah tempat suci yang terbuka untuk melakukan ibadah bagi semua orang dari semua agama.

No comments:

Post a Comment