Thursday, October 28, 2010

El Loco Bela Merah Putih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Tim Nasional, Iman Arif, mengungkapkan, proses naturalisasi Cristian Gonzales akan segera rampung. Dengan begitu, menurutnya, Gonzales hampir dipastikan sudah bisa membela "Merah Putih" di Piala AFF 2010. "Proses naturalisasi Gonzales sudah 90 persen oke. Hari ini akan dikeluarkan keputusan menteri," jelas Iman kepada Kompas.com, Jumat (29/10/2010).

BTN sebetulnya mengajukan tiga nama untuk dinaturalisasi yakni Jhonny van Beukering (Belanda), Rapael Guilermo Eduardo Maitimo (Belanda), dan Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman). Namun, hanya "El Loco", julukan Gonzales, yang sudah pasti dinaturalisasi. Padahal, "Merah Putih" sudah diharuskan menyerahkan komposisi amunisinya pada 1 November mendatang.

Terkait hal itu, Iman mengatakan, pihaknya terus berupaya agar proses naturalisasi tiga pemain tersebuat sesuai deadline. Namun jika meleset, kata Iman, ketiga pemain keturunan tersebut akan tampil di agenda timnas setelah AFF. "Proses naturalisasi bagi mereka tetap berjalan. Namun kalau lewat AFF maka mereka akan diproyeksikan tampil di kualifikasi Piala Dunia yang digelar tahun depan. Kalau Kim mungkin bisa main di Sea Games 2011," ujarnya.

Gonzales memang sudah lama bermukim di Indonesia. Selama kurang lebih tujuh tahun, penyerang asal Uruguay itu malang melintang di sejumlah klub Tanah Air seperti PSM Makassar, Persik Kediri, dan saat ini membela Persib Bandung. Selain itu, masuknya penyerang berusia 34 tahun itu akan menambah persaingan di lini depan timnas. Pasalnya, Merah Putih sudah memiliki beberapa penyerang yang cukup mumpuni seperti Bambang Pamungkas, Boaz Solossa, Yongki Aribowo, dan Jaya Teguh Angga.

No comments:

Post a Comment