Tuesday, April 27, 2010

Pengembaraan Mantan Penjahat Menemukan Takdir

Solomon KaneMantan penjahat, Solomon Kane (James Purefoy), kerap dihantui mimpi buruk. Dalam mimpinya, ia dikejar-kejar setan yang ingin mengambil jiwanya. Ia pun mengasingkan diri ke sebuah biara yang dihuni para pendeta.

Tetapi, makin lama Kane tinggal di biara, para pendeta tidak bisa menerima kehadiran Kane di biara tersebut. Kane diminta untuk meninggalkan biara karena, menurut para pendeta, takdir Kane bukan menjadi penghuni biara.

Dalam pengembaraannya mencari takdirnya, Kane selalu menghindar dari tindakan kekerasan. Pasalnya, ia sudah berjanji tak akan menghunuskan pedang atau meletuskan senapannya ke dada seseorang untuk merampok atau membunuh orang.

Ia hanya ingin berbuat kebaikan sesuai dengan hati nuraninya. Walaupun ia harus mendapat hinaan dan jotosan di sekujur tubuhnya, ia tetap tak membalasnya.

Film yang disutradarai Michael J Bassett mengambil setting waktu abad ke-16 di Inggris. Pada masa itu ilmu sihir masih merajai berbagai wilayah Inggris. Termasuk daerah tempat kelahiran Solomon Kane yang telah bertahun-tahun ditinggalkannya.

Solomon terpaksa kabur dari istana sang ayah karena tak sengaja mendorong kakaknya hingga nyemplung jurang. Kabur dari istana membuat Solomon menjadi penjahat yang sangat ditakuti, hingga sampai suatu titik ia tidak ingin menjadi penjahat lagi dan mengasingkan diri ke biara.

Pada masa itu diceritakan Inggris dikuasai sihir dan mencari pengikut dengan menggunakan kekuatan sihir. Semula, Solomon tidak ingin membebaskan para tahanan yang belum dipengaruhi sihir.

Bahkan, sampai tubuhnya disalib pun, ia bergeming. Akan tetapi, satu keluarga yang telah menyelamatkannya dari kematian meminta bantuannya untuk menyelamatkan putrinya yang diculik oleh "tukang" sihir.
Tampilan fisik Solomon Kane seperti tokoh Van Helsing yang diperankan oleh aktor Hugh Jackman dalam film Van Helsing.

Kane mengenakan mantel hitam panjang, topi hitam bertepi lebar yang menutupi sebagian mukanya dan rambutnya yang gondrong. Wajah dan mata Solomon yang ditampilkan dingin. Kane selalu membawa pedang dan dua senjata api.

Michael J Bassett ingin mengembalikan takdir Solomon bahwa berdiam diri dan mengasingkan diri belum tentu mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri.
Akan tetapi, berbuat sesuatu, walaupun dengan cara kekerasan demi melawan angkara murka bisa mendatangkan kebaikan.

SOLOMON KANE
SUTRADARA: Michael J Bassett, PEMAIN: James Purefoy, Max von Sydow, Pete Postlethwaite, Rachel Hurd Word, Ian Whyte, PRODUKSI: Samuel Hadida dan Wandering Star

No comments:

Post a Comment