Friday, April 23, 2010

Dijual, 1,5 Juta Akun Facebook Curian

Dijual, 1,5 Juta Akun Facebook Curian
WASHINGTON - Perdagangan di pasar gelap dunia maya bukanlah hal yang baru. Kalau dulu data pemilik kartu kredit yang dijualbelikan, kali ini akun Facebook curian pun jadi komoditi.

Periset dari tim iDefense Verisign melaporkan penawaran 1,5 juta akun Facebook curian dari seorang hacker yang menakan dirinya Kirllos di sebuah forum 'bawah tanah'. Kirllos menawarkan harga antara 25-45 dollar AS per 1000 akun berikut nama login dan password-nya tergantung jumlah teman di masing-masing akun tersebut.

"Sampai saat ini, Kirllos kelihatannya sudah berhasil menjual hampir 700.000 akun," kata Rick Howard, Direktur Intelijen Cyber VeriSign dilansir PCWorld, Kamis (22/4/2010). Harga yang ditawarkan Kirllos tersebut memang relatif murah karena menurut laporan bertajuk Internet Security Threat Report yang dirilis Symantec sebuah alamat email dan password-nya rata-rata dijual antara 1-20 dollar AS per akun.

Pembeli akun ilegal tersebut umumnya menggunakannya untuk menjerat korban yang tidak melek teknologi. Akun-akun ilegal tersebut akan digunakan untuk menyebarkan spam, scam, atau link berisi malware yang akan menginfeksi komputer korban.

No comments:

Post a Comment