Friday, April 2, 2010

5 Tips Hindari Mata Lelah di Depan Monitor

Beberapa dari kita tentu memiliki kebiasaan untuk berlama-lama di depan monitor. Entah itu untuk bekerja, atau melakukan hal lain seperti bermain game dan browsing. Akibatnya efek mata lelah dan kepala pening pun tidak dapat di hindari.

5 Tips Hindari Mata Lelah di Depan Monitor

Walau banyak yang menganggap fakta ini tidak sepenuhnya benar namun kenyataannnya hal ini tetap mempengaruhi kesehatan mata kita. Efeknya terkadang kita kesulitan memfokuskan objek pandang, mata kita sering merah dan lainnya. Hal ini tentunya di sebabkan oleh pancaran radiasi monitor yang terlalu lama tanpa kita sadari saat kita berada didepan monitor.

Berikut ini ada 5 tips sederhana untuk menghindari mata lelah akibat terlalu lama di depan monitor.
  1. Jaga Jarak Pandang, Berada terlalu dekat monitor memang membahayakan bagi mata kita, Seharusnya/sebaiknya kita memiliki jarak pandang yang baik, jarak yang di anjurkan adalah sekitar 20-50 inch atau setara dengan 50-100 cm dari mata.
  2. CRT ke LCD, Monitor tabung atau yang lebih kita kenal dengan CRT memang memberi efek yang lebih buruk ke mata kita (berdasarkan penelitian) Selain itu monitor tabung / CRT menggunakan energi listrik yang lebih besar. Jika kalian puna uang lebih ada baiknya mengkonversi monitor CRT ini ke LCD, alasannya: efek radiasi LCD lebih rendah dari CRT, LCD menggunakan sedikit energi dari CRT yang artinya tagihan listrik kalian akan lebih rendah. Memang tidak perlu di pungkiri bahwa harga LCD jauh lebih mahal daripada CRT, apabila kalian belum punya uang untuk membeli LCD usahakan membeli Protector filter anti-radiasi untuk monitor CRT.
  3. Atur Monitor Setting, Terkadang kita tidak sadar akibat terlalu cerahnya monitor akan memberikan efek yang kurang baik di mata kita, Seperti misalnya brightness yang berlebihan, terlalu sharp dan sebagainya. Sebaiknya kita mengatur setting ini berdasarkan kenikmatan mata kita, misalnya warna yang terlalu gelap kita cerahkan sedikit sehingga mata kita akan lebih bisa menikmati tampilan visual itu dan tidak menambah berat beban kerja mata.
  4. Kacamata Anti Radiasi, Memang harganya relatif tidak murah, tapi juga tidak terlalu mahal (saya beli kacamata anti-radiasi hanya 300 ribu rupiah), selain itu terkadang ada beberapa orang yang merasa kurang pede alias kurang gaul apabila menggunakan kacamata, Faktanya lapisan anti-radiasi apda kacamata tersebut sangat berguna bagi mata kita, lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri mata akibat terlalu lama di depan monitor.
  5. Mengistirahatkan mata secara berkala, Cara yang paling mudah dan efisien tentunya, cobalah dalam selang 1 jam kita mengistirahatkan mata selama 5 menit. Misalnya dalam 1 jam itu 5 menit kita gunakan untuk melihat-lihat dunia luar seperti pemandangan, berjalan-jalan, mencuci muka dan lain sebagainya… Intinya menjauh dari monitor.
Semoga tips diatas bisa membantu agar mata kalian tidak terlalu lelah didepan monitor, ada baiknya menggunakan salah satu tips diatas atau melakukan semuanya, pasti hasilnya akan lebih baik untuk mata kalian.

No comments:

Post a Comment