Tuesday, March 1, 2011

Mazda3 Dirakit di Thailand dan Malaysia

Mazda3 Dirakit di Thailand dan MalaysiaHIROSHIMA, KOMPAS.com – Mazda Motor Corporation (MMC) hari ini mengumumkan mulai merakit secara bersama salah satu model andalanya di Thailand dan Malaysia, yaitu Mazda3 generasi ke-3. Di Thailand, Mazda bekerjasama dengan distributornya di negara tersebut Mazda Sales Thailand dan di Malaysia dengan Bermaz Motor Sdn.

Mazda3 hasil rakitan Thailand sudah dilakukan akhir Februari lalu di AutoAlliance. Sebelumnya di Negara Gajah Putih tersebut, Mazda hanya merakit dan memasarkan BT-50 9pikap0 dan Mazda2 (mobil sub-kompak).

Sedangkan penjualan Mazda3 yang dirakit di Malaysia mulai dilakukan hari ini. Di Negeri Jiran tersebut, Mazda3 dirakit olehe= Inokom Sdn, Bhd. Selama ini Mazda3 yang dijual sejak 2009 di Malaysia diimpor langsung dari Jepang. Tujuan Mazda merakit model yang bernama Axela itu di Jepang adalah untuk mendongkrak penjualannnya pada kedua negara Asean tersebut yang dinilai mengalami pertumbuhan tinggi.

Menurut Yuji Nakamina, Managing Executive Officer yang menangani masalah penjualan di luar Jepang , Mazda3 pertama diluncurkan pada 2003 dan telah menjadi inti produk Mazda. Diklaim penjualan Mazda 3 setiap tahun di seluruh dunia mencapai 440.000 unit. “Dengan merakit Mazda3 di Thailand dan Malaysia, akan mendorong pertumbuhan penjualan Mazda di kedua negara tersebut,” tersebut.

Mazda belum menyinggung rencananya di Indonesia. Padahal tahun lalu, Mazda merupakan salah satu merek dengan pertumbuhan penjualan tertinggi di Indonesia. Namun Mazda3 - dulunya model sedan – memang tidak lagi dijajakan di Indonesia. Produsen mobil asal Hiroshima tersebut, untuk pasar Indonesia, kini mengandalkan Mazda2 (hatchaback dan sedan), BT-50 (pikap, komersial), SUV CX-7, CX-9, Mazda6 dan RX8.

No comments:

Post a Comment