Friday, September 17, 2010

Perhatian...Jupiter Mendekati Bumi

Perhatian...Jupiter Mendekati BumiTRIBUNNEWS.COM, CAPE CANAVERAL - Perhatian, planet Jupiter makin mendekat ke bumi. Pekan depan, lihatlah Jupiter di atas langit karena planet ini tampak sangat terang dan baru terjadi lagi pada tahun 2022 mendatang. Demikian dilansir AP, Sabtu (18/9/2010).

Jupiter akan berada dalam jarak 365 mil dari Bumi, Senin dini hari mendatang, dan ini merupakan jarak terdekat sejak tahun 1963. Penampakan Jupiter ini akan berada di sebelah timur menjelang pagi. Saat malam, Jupiter akan berada dalam posisi di atas kepala. Ini disebabkan Bumi akan lewat antara Jupiter dan matahari dalam beberapa jam pada Selasa.

Sistem tata surya untuk planet yang besar seringkali tampak sebagai bintang yang sangat bercahaya dan tiga kali lebih terang dari bintang paling bercahaya di langit, Siriu. Hanya satu yang paling bercahaya pada malam hari adalah bulan.

"Jupiter sangat bercahaya sekarang dan Anda tidak perlu pemetaan langit untuk menemukannya," kata Tony Phillips, seorang ahli astronomi California yang saat ini terikat kontrak dengan NASA. Secara kebetulan, Uranus juga akan mendekat pada malam yang sama dan akan mendekati Jupiter namun sangat sulit dilihat dengan mata telanjang.

Jupiter selalu mendekati bumi setiap 12 tahun sekali. Pada tahun 1999, Jupiter melintas agak jauh. Namun, yang sedikit jarang adalah Uranus makin mendekat dalam waktu bersamaa dengan Jupiter.

No comments:

Post a Comment