Monday, February 28, 2011

Penduduk China Bertambah Jadi 1,34 Miliar Jiwa

Penduduk China Bertambah Jadi 1,34 Miliar JiwaREPUBLIKA.CO.ID,BEIJING - Pemerintah China Senin (28/2) mengumumkan bahwa jumlah penduduknya, yang merupakan terbesar di dunia, bertambah 6,3 juta jiwa pada tahun 2010. Pertambahan tersebut membuat jumlah penduduk Negeri Tirai Bambu itu kini mencapai 1,341 miliar jiwa pada akhir 2010.

Pertumbuhan penduduk China kira-kira berjumlah sama dengan total penduduk Rio de Janeiro, Brazil.
Hasil perhitungan penduduk tahun 2010 yang dirilis Biro Statistik Nasional China menyebut angka tersebut baru merupakan perkiraan awal.

Jumlah perhitungan akhir akan disiarkan pada April ketika pemerintah menyelesaikan data tabulasi yang didapat dari sebuah sensus yang dilakukan pada akhir tahun lalu. Itu merupakan sensus menyeluruh pertama dalam satu dekade terakhir di China.

Populasi China tercatat berjumlah 1,295 miliar jiwa dalam sensus tahun 2000. Sebelumnya China mengatakan "kebijakan satu anak" mereka telah berhasil mencegah 400 juta kelahiran sejak diberlakukan pada 1980. "Kebijakan satu anak" secara umum membatasi rakyat agar hanya memiliki satu keturunan dengan pengecualian terhadap beberapa kelompok tertentu.

Negara itu memiliki 594 juta penduduk saat sensus pertama dilakukan pada 1953. Jumlah tersebut kurang dari setengahnya penduduk China saat ini.

No comments:

Post a Comment