Friday, January 20, 2012

Bayi Terkecil di Dunia

Bayi Terkecil di DuniaBayi Terkecil di Dunia - Melinda Star Guido adalah salah satu bayi terkecil di dunia yang selamat hidup. Melinda lahir dengan berat hanya 9,5 ons (200 gram), lebih ringan dibanding berat sekaleng soda.

Melinda yang lahir prematur 24 pekan pada Agustus 2012 di USC Medical Center, Los Angeles County, hari Jumat (20/1/2012) diizinkan tiim dokter pulang ke rumah orang tuanya, setelah berbulan-bulan dirawat dalam incubator rumah sakit.

Kantor berita AP melaporkan, dokter dan perawat yang merawat Melinda selama ini, baru mau mengizinkan si bayi kecil ini pulang ke rumah orang tuanya setelah beratnya mencapai 4,5 pon (sekitar 2 kilogram).

Melinda termasuk bayi terkecil nomor tiga di dunia yang selamat hidup, dan bayi terkecil nomor dua di Amerika Serikat.

Ibu Melinda, Haydee Ibarra (22 tahun), gembira karena bisa memelukan bayi kecilnya. Sejak lahir bulan Agustus lalu, Haydee baru bisa memeluk Melinda pada bulan November lalu.

Tim dokter yang merawat Melinda mengatakan, kemajuan kondisi tubuh Melinda cukup meningkat untuk tidak tergantung pada peralatan medis.

Masih terlalu cepat untuk bisa menilai perkembangan mental dan fisik sekarang ini. Para dokter berjanji akan terus memonitor perkembangan Melinda untuk enam tahun mendatang.

Statistik menunjukkan, sebagian besar bayi yang lahir dengan berat badan yang minim, sulit bertahan hidup sekalipun mendapat bantuan perawatan medis. Ada sekitar 7.500 bayi lahir setiap tahun di AS dengan berat kurang dari 400 gram, dan hanya sekitar 10 persen yang selamat hidup.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics tahun 2010 menemukan bahwa banyak bayi dengan berat tuubuh di bawah normal ini, dan selamat tetap harus mendapat perhatian medis. Sebagian besar relatif pendek dan berat badannya tidak normal dibanding usianya.

Ada sejumlah kisah sukses soal bayi yang lahir dengan berat badan di bawah normal. Ada bayi terkecil yang lahir dengan berat di bawah normal yakni 200 gram, dan kini hidup sehat pada usia 7 tahun. Tidak dirinci nama bayi ini.

No comments:

Post a Comment