Wednesday, January 18, 2012

Bagaimana Tips dan Trik Agar Lolos Ujian SNMPTN?

Bagaimana Tips dan Trik Agar Lolos Ujian SNMPTN? Ujian SNMPTN 2012 sebentar lagi dimulai, berbagai persiapan-persiapan pun mungkin sudah kamu lakukan, dari mulai mencari jurusan apa yang cocok untuk adik-adik, milih universitas, hingga milih LBB yang akan diikuti serta beli buku-buku latihan soal SNMPTN.


Nah, berdasarkan pengalaman mengikuti SNMPTN beberapa tahun yang lalu, saya mau coba berbagi tips dan trik bagaimana agar lolos SNMPTN. Semoga bermanfaat.

Pertama-tama, mari kita fokus ke UN dulu, misal kalau gak lulus UN trus bagaimana bisa ikutan SNMPTN, iya gak? Selanjutnya..

1. Menabung dari sekarang, karena biaya kuliah jaman sekarang, baik di negeri maupun swasta cukup mahal. Jadi setidaknya kamu bisa bantu2 ortu dikit lah minimal buat yang nantinya ngekost.

2. Kita tau bahwa ujian SNMPTN mencakup berbagai mata pelajaran, dari kelas X sampe kelas XII, dari pengetahuan dasar, hingga pengetahuan khusus sesuai yang kamu pilih, IPA atau IPS, jadi paling nggak selain menabung tadi, kamu juga belajar dari beberapa bulan sebelum SNMPTN menjelang.

3. Mari kami plotkan di sini, jadwal SNMPTN adalah kurang lebih sebulan – dua bulan setelah UN dilakukan, dan pada waktu itu kaita musti belajar lagi untuk mempersiapkan materi ini, bisa dibayangin nggak seluruh materi pelajaran yang kita pelajari selama 3 tahun, di-back up lagi selama selang waktu tersebut? Nah, pusing kan? Sama.

4. Jadi intinya adalah latihan soal harus sering dilakukan, sering-sering ikutan Try Out yang diadain oleh LBB dan sekolah-sekolah atau universitas. Nah, anggeplah ikutan Try Out SNMPTN itu serius, jangan main-main walaupun esensi tryout sebenarnya adalah simulasi SNMPTN. Jaman kami dulu, kami dan teman-teman paling semangat ikutan ini, karena kami bisa ketemu siswa-siswa dari sekolah lain, ya kamu taulah apa yang dicari, namanya juga masa ababil.

5. Biasanya Try Out itu berbayar, namun ada juga yang gratis. Bagi yang suka gratisan tak ada salahnya untuk ikutan Try Out itu, syukur-syukur dikasih konsumsi juga.

6. Beruntung nih jaman sekarang ada yang namanya latihan Try Out Online, cuman modal koneksi internet doang, salah satu developer ada yang menyediakan layanan Try Out Online gratis, sebelumnya pernah saya bahas di thread ini. Mengenai Try Out Online itu, bisa klik ini

7. Selain try out, di sini juga kamu bisa mengikuti Latihan soal SNMPTN seperti biasa, kamu bisa pilih hari pertama, hari kedua, atau per mata pelajaran yang kamu pilih. Tak lupa, di sini aka nada fitur seperti bookmarks dan pembahasan.

8. Menjelang hari H, jangan lupa survey lokasi SNMPTN dulu, pastikan sehari dua hari kamu sudah tau tempat ujian dilaksanakannya. Nah, H-1 usahakan jangan belajar, pergunakan untuk istirahat atau refreshing sehingga pas hari H, pikiran kamu jadi seger.

9. Kalau ada mau nambahin tips triknya, mohon dishare dimari, siapa tau bisa buat pencerahan bagi adik-adik lain yang mau ikutan SNMPTN.

Sumber: http://forum.vivanews.com/tips-trick/272218-bagaimana-agar-lolos-ujian-snmptn.html

No comments:

Post a Comment